Kamis, 13 November 2014

Instalasi Raspbian 'Wheezy' di Raspberry Pi Rev B

Raspbian 'Wheezy'
      hai teman - teman untuk tutorial kali ini saya akan berbagi bagaimana cara menginstall raspbian pada raspberry. sebetulnya bagi pemula ini di disarankan . karena ada baiknya untuk pemula meng install NOOBS sebagai langkah awal kalian dalam memulai di dunia mini komputer ini. tapi itu tidak masalah menurut saya. karena saya pertama kali mencoba raspberry tidak mencoba menginstall yang namanya NOOBS . tetapi langsung menginstall raspbian dari beberapa OS yang disediakan oleh official raspberry diantara nya Pidora , Archlinux dsb . 
     okay untuk langkah pertama dalam melakukan instalasi hal-hal apa saja yang diperlukan 
- Micro SD dengan minimun kapasitas 4GB . disarankan yang class 10 ya . untuk meng check merk dan jenis dari SDcard apakah support pada raspberry atau tidak bisa check DISINI
- Komputer dengan OS Mac,Windows atau Linux .
- tentu .IMG dari Raspbian , Download DISINI  . inilah perbedaan dari arsitektur ARM dengan Intel atau AMD . tipe file kompresi nya pun berbeda. kalau intel atau AMD pasti .ISO sedangkan untuk ARM .IMG  (CMIIW)

tambahan juga disini kita masih memerlukan 1 aplikasi sebagai Write file .IMG dari raspbian ke SDcard yaitu
- Windows = Download
- Mac = Download
- Linux  = "kalau untuk linux setau saya menggunakan dd command, disini saya belum mencoba nya. mungkin ada beberapa referensi untuk bisa menjadi acuan .. DISINI "

selesai ...

untuk cara instalasi nya sangat mudah ... yaitu kita hanya menjalankan aplikasi dari masing2 OS dari windows,mac dan linux. lalu kita Write file .IMG dari raspbian ke SDcard nya. tunggu beberapa saat ...

*catatan : apabila terjadi error pada saat penulisan ada terjadi beberapa kemungkinan , pertama file .IMG raspbian yang corrupt , aplikasi corrupt dan SDCard yang bermasalah . :)

setelah selesai dan finish. kita langsung saja pasang SDcard ke raspberry. secara otomatis raspberry akan melakukan booting.

pada saat tampilan awal kita akan sedikit konfigurasi . lalu restart. tunggu beberapa saat. pada saat masuk ke OS . kita harus memasukkan user dan password. secara default

login : pi
pasword : raspberry


selesai .. dan kita masuk ke 
tampilan Command Line, untuk merubah ke tampilan Desktop . cukup ketikkan


pi@raspberry:starx


maka secara otomatis tampilan akan berubah menjadi seperti ini

Raspbian Desktop


0 komentar:

Posting Komentar